Senin, 17 September 2012

EXTRAORDINARY ANIMALS 1 (ANJING YANG BERKABUNG)

Cerita ini dikisahkan oleh Jerry Friedman pada tahun 1975. Semoga menjadi cerita yang menarik.

Pada tahun 1934, sewaktu Jerry masih berumur lima tahun, kakeknya sudah dua tahun sakit dan kini hampir meninggal. Saat itu kakek-nenek Jerry, Philip dan Clara Friedman, sudah memiliki sebuah toko bahan pangan di Broklyn, New York. Mereka tinggal "diluar pulau" (di South Ozone Park), dan orang tua Jerry, Herman dan Sadie Friedman, datang ke toko tiap akhir pekan untuk membantu.
Kakek Jerry punya anjing herder jerman berwarna hitam yang dulu suka disebut anjing polisi. Namanya King. Anjing itu terlihat agung dan hanya setia pada tuannya, kakek Jerry.
Ketika kakek Jerry sakit dan harus beristirahat, Ny. Clara Friedman yang harus menjaga toko. Tempat tidur kakek ada dikamar belakang dan bersandar pada jendela yang menghadap ke halaman. Dengan demikian King terpaksa tinggal di halaman. disebuah rumah anjing yang dibuat Tn Philip Friedman kakek Jerry. 
Selama kakek Jerry sakit dan harus beristirahat di ranjang, selama itu pula King menungguinya didekat jendela agar bisa melihat tuannya. Kata ayah Jerry mimik wajah King terlalu sedih untuk dilihat. Anjing itu seperti tahu kalau tuannya hampir meninggal dan sebisa mungkin menunjukkan kesedihannya dengan tangisan, rintihan, dan lolongan.
Pada saat kakek Jerry meninggal, Jerry dan keluarganya ada ditoko. Kakek Jerry meninggal pada tanggal 10 November 1934, dan meski hari itu agak dingin Jerry disuruh bermain selagi jenazah kakeknya dipindahkan. king sepertinya tahu apa yang terjadi. Ia berdiri dengan kaki belakangnya, menggaruk-garuk jendela dengan kaki depannya dan menyalak marah. 
Keesokan harinya kakek Jerry dimakamkan di Tanah Pemakaman Mount Hebron di Broklyn. Seusai pemakaman, keluarga itu pelang dan duduk-duduk berduka sesuai tradisi agama Yahudi.sedangkan King terdiam setiap kali ayah Jerry mengajak keluarganya berdoa. Tetapi setelah selesai ia meneruskan gonggongan sedihnya.
Pada sore ketiga mereka berkabung angin bertiup kencang. Pagar samping terbuka karena tertiup angin dan King keluar dari halaman. Jerry sedang bermain salju didepan toko ketika King keluar jalanan. 
"King, Kembali King" teriak Jerry. Tetapi King malah lari ke jalanan dan menghilang di tikungan. Jerry bergegas masuk rumah dan memberitahukan ayahnya. Akhirnya keluarga tersebut mancari King dijalanan disekitar rumah.. Manum jejak King tidak ditemukan.
Bagi keluarga Jerry menelantarkan acara berkabung dan mencari-cari anjing adalah sebuah pelanggaran kesucian, tetapi tanpa sadar mereka telah melakukannya sampai terlupa hal itu sudah melanggar hukum yahudi. sekembalinyake toko dan melanjutkan acara berkabung, ayah Jerry memberitahu salah seorang tetangga dan meminta tolong. Semua orang di lingkungan tersebut tahu King dan bersedia membantu. 
Pencarian King pun dilakukan tetapi setelah empat hari pencarian dan masa berkabung keluarga Jerry sudah berakhir, King belum juga ditemukan. Para tetangga sudah menyerah, dan menyarankan kepada keluarga Jerry untuk melupakan anjing tersebut karena anjing tersebut tidak mau ditemukan. 
Tetapi keluarga tersebut tidak mau melupakan King, karena King sudah menjadi bagian dari keluarga tersebut. Mereka meneruskan pencarian King, memasang iklan dikoran lokal, tetapi usaha tersebut tidak berhasil. Semua usaha yang dilakukan keluarga tersebut sia-sia.
Setelah tiga minggu pencarian King, seseorang berkata bahwa ada satu tempat yang belum mereka datangi, yaitu kuburan kakek Jerry. 
Perkataan oarang itu dianggap mustahil oleh anggota keluarga yang lain. Karena pada saat kakek Jerry dimakamkan  dikurung dihalaman belakang, ia tidak tahu jalan ke kuburan kakek Jerry. King juga tidak tahu dimana kakek Jerry dimakamkan.
Sore harinya keluarga Jerry pergi ke kuburan, tidak ada apapun begitu mereka sampai di jalan menuju makam. Tetapi mereka terheran-heran ketika melihat jejak kaki anjing di salju.
Ayah Jerry langsung mancari penjaga kuburan untuk bertanya apakah ia melihat anjing polisi didekat makam kakek Jerry. 
Penjaga kubur tersebut mengiyakan pertanyaan ayah Jerry dan kemudian bercerita bahwa sudah bermingu-minggu anjing tersebut berkeliaran dikuburan ini. Setiap hari ia berada dimakam kakek Jerry, tiduran diatasnya dan menangis seperti baru kehilangan teman dekat. Bila ada orang mendekat, anjing itu berdiri dan mengeram. Sehingga didiamkan saja oleh penjaga kubur tersebut. Penjaga kubur tersebut juga bercerita bahwa kedatangan anjing tersebut bisa diperkirakan, yaitu setiap jam dua siang anjing itu muncul, tinggal sebentar dan lalu pergi.
Ketiak menyebut waktunya ayah Jerry kaget, karena upacara disamping makam kakek Jerry juga jam dua siang.
Pada pukul setengah satu hari berikutnya, 9 Desember 1934, Ayah Jerry kembali ke kuburan dan menunggu. pada pukul dua siang King tidak datang. Sipenjaga kuburan melihat ayah Jerry dan menghampirinya. 
Tetapi ketika mereka akan mengobrol King datang. Ayah Jerry mengangkat kepalanya. King berada ditempat yang agak tinggi, memandang kebawah ke arah makam. Ayah Jerry memanggilnya, lalu berlari kearah King, tetapi King berbalik dan menghilang ditempat tinggi tersebut.
King tidak pernah terlihat lagi.

sekian